Skip to main content

General Aptitude Tes (GAT)

 Tes GAT?, Sulit tidak ya?..

Okelah kalo begitu, ini adalah tulisan kedua saya, dan pada kesempatan kali ini saya akan membagi pengalaman tes GAT [General Aptitude Tes] untuk penyaringan masuk calon karyawan PT. PLN (persero).

Saya ingin mendaftar pada acara Career Days 2013 tanggal 9 - 10 Februari 2013 nanti, harus seperti apa tes yang tidak pernah saya ketahui ini..

Apa itu GAT, GAT adalah kependekan dari General Aptitude Tes, kalu bahasa indonesianya sih, Tes Potensi Akademik [TPA]. Ya kalau menurut saya tidak jauh berbeda dengan PsikoTes yang saya lakukan di berbagai perusahaan, seperti Astra Toyota (auto2000), dan lain-lain [secara gitu, saya termasuk raja tes dan wawancara kerja, dan setelah sekian banyak perusahaan yang saya coba, akhirnya saya mendapat pekerjaan sesuai dengan hobi dan pendidikan saya] he he, malah OOT. :P

Okelah back to the topic, sebenarnya ada berbagai macam TPA/GAT tergantung tempat pelaksanaannya, ada yg menggunakan soal-soal dari lembaga psikologi Universitas Indonesia (UI) ada juga yang menggunakan standar Tes untuk TNI, seperti yang saya lakukan kemarin saat melakukan GAT/TPA, karena TPA/GAT nya dilakukan di HALIM PerdanaKusuma, maka soal-soal nya pun berasal dari dinas psikologi AU.
GAT/TPA kemarin ada 9 [sembilan] bagian, dan rata-rata jumlah soalnya 20.
saya akan mensharing yang saya inget aja ya.. :P

Bagian pertama, kedua, ketiga itu nggak jauh dari kata. Jadi ada yg antonim, sinonim, sejenisnya lah, he he, agak lupa.

Kuncinya adalah, kita harus mengetahui kata-kata dasar dan sinonim maupun antonimnya.

Lalu bagian empat dan lima itu matematika dasar, ya penjumlahan, pengurangan, kali, bagi. ada yang berbentuk soal cerita sederhana, ada juga yang langsung soal, misal 1+2=? atau 5*5=?
ya seperti itu lah.

Kuncinya disini adalah SANTAI tapi PASTI, secara gitu soalnya tuh soal-soal anak SD.
Gak perlu ngotot harus semua terisi, karena saya hanya menjawab tidak lebih dari 15 soal pada bagian ini, dari masing-masing 20 soal [klo nggak salah yg ke4 tuh 13 soal terus yang ke5 15 soal].
Jika ada soal yang sulit di longkap saja, jika ada waktu nanti baru di isi. :D

Bagian enam, tujuh, delapan itu soalnya seputaran bentuk, misal kubus ini yang ada titik di pojok jika dibalik/diputar kira-kira jawabannya yang mana.?
Lagi dan lagi, ya seperti itulah kira-kira. hee. :D

Kuncinya adalah FOKUS dan KONSENTRASI

Nah yang terakhir, atau kesembilan, kami diberi selembar kertas, nah dikertas itu ada beberapa kelompok kata yaitu :
kelompok bunga, terdiri dari :flamboyan, *lupa , nusaindah, *lupa
kelompok perkakas, terdiri dari : dongkrak, pelana, jangkar, *lupa
kelompok burung, terdiri dari : elang, manyar, cendrawasih, *lupa
kelompok binatang, terdiri dari : keledai, trenggiling, *lupa, *lupa
kelompok kesenian, terdiri dari : opera, arca, balet, *lupa

Dan kita diberi waktu tiga menit untuk menghafalkan, lalu kertas itu dikumpulkan, dan kita diberi lembar soal.
Dan soalnya kira-kira seperti ini :
kata yang berawalan huruf O termasuk dalam kelompok..? ada 5 pilihan a-e.
kata yang berawalan huruf E termasuk dalam kelompok..? ada 5 pilihan a-e.

Kuncinya disini adalah, ternyata dari sekian banyak kata di atas, kesemua Huruf Depannya Berbeda[jika pada contoh di atas ada kesamaan, itu murni karna saya sudah agak melupakannya] he. :P , jadi ya silahkan bagaimana strategi anda untuk menghafalkan.

Dan, alhamdulillah saya berhasil melewatinya dengan baik dan lulus.
ini juga termasuk kuncinya, pengawasnya [sersan satu] bilang “Kerjakan dengan Santai, Teliti dan Benar”

Tidak ada yang harus dipelajari untuk menghadapi TES ini, karena memang ini seperti rutinitas sehari-hari, siapkan saja mental dan fisik harus 99% FIT, hehe.. :D

Buat yang ingin mencoba di lain kesempatan, mudah-mudahan tulisan ini dapat membantu.

Comments

  1. boleh minta filenya gak,, ini email saya rizalviziral@gmail.com terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita gk pegang filenya gan, ini cuman cerita pengalaman doank tanpa dokumentasi dll. terimakasih 😉

      Delete
    2. Lama tesnya brapa menit bang?

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pesta nih, Butuh Listrik Sementara..

Butuh listrik sementara, cuma buat acara pesta doank.. Anda ingin melakukan pemasangan listrik yang baru di rumah atau kantor? kini Anda tidak perlu repot-repot untuk datang ke kantor Perusahaan Listrik Negara (PLN), cukup menelpon ke 123 guna melakukan pemasangan listrik. Humas PLN Agus Trimukti menuturkan, PLN melakukan terobosan itu dengan cara meningkatkan kemampuan call center (CC) PLN 123. Dari sekadar melayani info gangguan dan informasi lainnya, kini menjadi loket pelayanan pasang baru (PB), perubahan daya (PD), dan penyambungan sementara (PS). “Sejak Agustus 2011 seluruh unit PLN, khususnya di Jawa dan Bali, sudah siap melayani permintaan PB, PD, dan PS melalui CC 123,” ungkap Agus dalam siaran persnya kepada Okezone di Jakarta, Minggu (11/9/2011). Nantinya, kata dia, calon pelanggan yang ingin minta sambungan listrik, minta perubahan daya (naik atau turun) dan minta sambungan sementara untuk keperluan temporer seperti pesta tidak perlu lagi datang ke PLN. Masyarakat

Soal Profesi Pilihan Ilmu

Mungkin memang membingungkan?, Kesehatan jelas Dokter, Perawat dll, Mesin juga Maintaince, Repair, dll, nah kalau Komputer.. Memang sulit untuk membuat sebuah pilihan dari sekian yang ada, namun harus bagaimana lagi kita sudah melangkah dengan berbagai pertimbangan sebelumnya. Dan tetap untuk meminta pertolongan Allah, agar dimudahkan jalannya.   Dan mungkin berikut beberapa bagi kita yang menekuni bidang IT, Best Regards.. 1. System analyst     Deskripsi Pekerjaan System analyst     System analyst merancang solusi IT baru untuk meningkatkan efisiensi bisnis dan produktifitas. Pekerjaannya dapat untuk ekstrenal client atau internal client (seperti departemen dalam organisasi yang sama).     Bekerja secara dekat dengan client, analyst memeriksa model bisnis dan aliran data, mendiskusikan penemuan mereka dengan client, dan merancang solusi IT yang tepat.     Mereka menghasilkan sketsa rancangan dan meminta sistem IT baru, menentukan operasi yang akan dijalankan oleh siste

Think Idea Bisnis, Butuh Modal..

Memang di Zaman seperti ini banyak sekali pemuda yang menginginkan kesuksesan dini, dan inilah yang mencetuskan untuk timbulnya banyak ide. Tetapi kita pasti memiliki kendala, dan salah satunya ialah Modal darimana?.. EKSISTENSI 1.500 mahasiswa yang didorong menjadi entrepreneurs pemula pada Maret 2012 melalui program Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN), akan menjadi tonggak sejarah bagi perekonomian Indonesia. Kelahiran entrepreneurs atau pelaku usaha pemula dari kelompok mahasiswa melalui lomba penulisan proposal bisnis (business plan) yang diinisiasi Kementerian Koperasi dan UKM, tentu saja menjadi program serius dari pemerintah. Bagaimana proses kelahiran 1.500 wirausaha pemula , tidak lain dari penetapan pemenang yang akan diumumkan pada puncak peringatan tiga tahun Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) pada 18 Maret 2013 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan. "Karena kami menyediakan startup capital kepada seluruh pemenang. Besarannya maksimal Rp25 juta .